Minggu, 03 Mei 2009

Mengatasi pilek dan flu

Beberapa bulan terakhir ini, kita mengalami perubahan cuaca yang lumayan ekstrim. Terutama untuk kita yang tinggal di temanggung, cuacanya benar-benar susah ditebak terkadang panas sebentar kemudian mendung dan langsung hujan deras.

Dengan kondisi cuaca yang seperti ini, tentu saja penyakit berdatangan menghinggapi diri kita. Penyakit yang paling sering datang adalah penyakit pilek dan flu. Kalau buat saya pilek dan flu adalah penyakit yang paling menjengkelkan, karena penyakit tersebut paling gampang menyerang, apalagi kalau kondisi badan kita tidak fit. Belum lagi efek-efeknya kalau kita terserang penyakit ini, seperti susah tidur karena hidung buntu, lidah terasa kelu sehingga indera perasa kita juga terganggu, indera pendengaran kita juga sedikit terganggu, pusing kepala dan lain-lain, yang pasti sangat mengganggu aktifitas kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari.



Mungkin kedengarannya penyakit pilek dan flu ini adalah termasuk penyakit ringan, karena obatnya terjual di pasaran. Tetapi apabila penanganannya tidak tepat, akan mengakibatkan kondisi badan bertambah buruk, justru bukan mengobati tapi malah menyebabkan penyakit-penyakit yang lain berdatangan, seperti komplikasi obat apabila kita menggunakan obat secara sembarangan. Perlu diketahui, sebenarnya obat yang beredar di pasaran bukan menyembuhkan penyakit, tetapi hanya obat untuk meringankan simpton atau memperpendek symptom.
Ada beberapa pendekatan alamiah untuk mempercepat pemulihan dan membantu kita merasa lebih nyaman. Berikut, pendekatan alamiah yang bisa dilakukan:

1. TAHU KAPAN HARUS MENGOBATI SIMPTOM

Simptom menjengkelkan yang kita alami ketika pilek atau flu adalah bagian dari proses penyembuhan alamiah. Bukti sistem imun kita sedang memerangi penyakit, seperti demam adalah cara tubuh mencoba membunuh virus dalam lingkungan yang lebih panas dibanding biasanya. Batuk termasuk simptom produktif lainnya. Batuk membersihkan saluran pernafasan dari mucus kental yang dapat mengangkut kuman ke paru-paru dan keseluruh tubuh. Hidung tersumbat paling baik diobati secara ringan atau tidak diobati sama sekali.

2. BUANG CAIRAN HIDUNG DENGAN HEMBUSAN YANG TEPAT.

Penting untuk membuang cairan hidung secara teratur ketimbang menghirup mucus kembali kedalam kepala. Hindari menghembus keras karena tekanan dapat membuat cairan pembawa kuman masuk kedalam saluran telinga dan menyebabkan sakit telinga. Cara terbaik membuang cairan hidung adalah tekan satu lubang hidung dengan satu jari sambil menghembus secara perlahan untuk mengeluarkan cairan dari lubang hidung yang satunya.

3. ISTIRAHAT DAN JAGA KEHANGATAN
Menjaga badan tetap hangat dan istirahat begitu muncul pilek atau flu membantu tubuh mengatur energi untuk perang imun.

4. BERKUMUR
Kumur-kumur dapat melembabkan kerongkongan yang sakit dan memberikan pelegaan sementara. Untuk mengurangi gatal di kerongkongan, coba cairan kumur astringent.

5. MINUM CAIRAN PANAS
Cairan panas melonggarkan sumbatan, mencegah dehidrasi dan menenangkan membran yang melapisi hidung dan tenggorokan yang sedang tidak nyaman karena inflamasi.

6. OLESI BAGIAN BAWAH HIDUNG DENGAN MINYAK KAYU PUTIH / BALSAM
Olesan ini membuka jalan nafas dan membantu memulihkan kulit di dasar hidung yang iritasi.

Inilah beberapa pendekatan alamiah yang dapat membantu kita merasa nyaman dan mempercepat pemulihan agar kita cepat sehat kembali. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat kita semua. Tetap sehat!

Tidak ada komentar: